Dampak Gaya Kepemimpinan, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru pada TK Limos Kindergarten Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32051Keywords:
Gaya Kepemimpinan, Disiplin, Motivasi, Kinerja GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak gaya kepemimpinan, tingkat disiplin, dan motivasi terhadap kinerja guru di TK Limos Kindergarten, Bandar Lampung. Dalam konteks institusi pendidikan, kualitas sumber daya manusia, khususnya tenaga pengajar, merupakan faktor kunci dalam pencapaian visi dan misi organisasi. Metode yang digunakakn adalah pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah dan lima guru, yang dipilih menggunakan teknik triangulasi data untuk meningkatkan validitas hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah yang komunikatif dan suportif berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru. Gaya kepemimpinan tersebut meningkatkan keterlibatan dan produktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran. Di samping itu, tingkat kedisiplinan yang tinggi terbukti berkorelasi positif dengan kualitas kerja yang dihasilkan oleh guru. Motivasi yang bersumber dari penghargaan dan lingkungan kerja yang kondusif juga berperan penting dalam mempertahankan kinerja optimal para pengajar. Sebagai kontribusi terhadap praktik manajerial, penelitian ini merekomendasikan agar manajemen sekolah memperkuat penerapan gaya kepemimpinan yang humanis, meningkatkan kedisiplinan melalui kebijakan yang konsisten, serta menciptakan sistem penghargaan yang memotivasi. Langkah-langkah ini diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kinerja organisasi secara berkelanjutan.
References
Abijaya, S., Wildanu, E., & Jamaludin, A. (2021). Peranan Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jurnal Soshum Insentif, 4(1). https://doi.org/10.36787/jsi.v4i1.442
Andjarwati, T. (2015a). Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori X Y Mc Gregor, dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland. Jmm17, 2(01). https://doi.org/10.30996/jmm17.v2i01.422
Andjarwati, T. (2015b). Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori X Y Mc Gregor, dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland. Jmm17, 2(01). https://doi.org/10.30996/jmm17.v2i01.422
Farida, S. I. (2022). Manajemen Dan Kepemimpinan. Eureka Media Aksara, 1(1).
Fiannisa, Muharani, Bahril Datuk, & Muis Fauzi Rambe. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 43–58.
Hadromi, F. Al. (2017). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi, Kedisiplinan Dan Kinerja Guru Di Sd Islam Lumajang. Bisma, 11(1). https://doi.org/10.19184/bisma.v11i1.6212
Hasibuan. (2019a). Manajemen Sumber Daya Manusia Hasibuan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2).
Hasibuan, M. S. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, M. S. P. (2019b). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. In Bumi Aksara (Issue 1).
Jaeger, B., & Nobre, S. B. (2022). Licenciatura em Ciências Biológicas. Revista Acadêmica Licencia&acturas, 10(1). https://doi.org/10.55602/rlic.v10i1.211
M.ikom, andi youna C. B. (2020). Dasar Manajemen dan Kepemimpinan. In kepemimpinan (Leadership) (Vol. 8).
Rivai, V., & Sagala, E. J. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Edisi 2. In Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2016). Organizational Behavior. 17th Edition, Pearson Education Limited. In Open Journal of Social Sciences (Vol. 11, Issue 09).
Trygu. (2021). Teori Motivasi Abraham H. Maslow dan Hubungannya dengan Minat Belajar Matematika Siswa. In GUEPEDIA.
Waedoloh, H., Purwanta, H., & Ediyono, S. (2022). Gaya Kepemimpinan dan Karekteristik Pemimpin yang Efektif. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(1), 144. https://doi.org/10.20961/shes.v5i1.57783

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diva Annisa Fitri, Habiburahman Habiburahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.