Penggambaran Efikasi Diri Pecandu Gim Online Melalui Simbolisasi Dalam Film Blackout
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i6.32204Keywords:
film, animasi, semiotika, psikologi, efikasi diriAbstract
Dewasa ini kemajuan teknologi sering membuat manusia lupa akan indahnya dunia nyata. Pernyataan tersebut digambarkan secara mendalam pada film animasi pendek berjudul Blackout. Blackout sendiri merupakan film animasi pendek karya Faiz Azhar dari Universitas Multimedia Nusantara yang telah meraih Piala Citra dalam kategori Film Animasi Pendek Terbaik pada ajang Festival Film Indonesia tahun 2022. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos dalam simbol-simbol yang tersirat dalam film ini, sehingga dapat memahami perubahan efikasi diri tokoh Daniel sebagai pecandu gim online serta pesan moral dalam film Blackout. Guna mencapai tujuan tersebut, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian berjenis kualitatif, dengan pendekatan semiotika Roland Barthes melalui teknik studi pustaka dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat enam adegan yang menyajikan simbolisasi. Melalui telaah kritis, diketahui bahwa makna konotasi dalam keenam adegan tersebut menunjukkan perubahan efikasi diri tokoh Daniel yang semula rendah akibat pengalaman perwakilan, menjadi meningkat berkat persuasi sosial serta penguasaan pengalaman yang mempengaruhi kondisi fisik dan emosinya, Selanjutnya, makna mitos dalam film ini disajikan melalui unsur mise-en-scene yakni setting serta pergerakan pemain yang menyimbolkan perasaan sedih, takut, dan damai tokoh Daniel. Lebih lanjut, dapat dipahami bahwa pesan moral dalam film ini adalah perlunya pola bermain gim online yang lebih moderat agar dapat mengetahui bahwa kehidupan nyata dapat lebih indah jika dibandingkan virtual reality.
References
Abdi, S., & Karneli, Y. (2020). Kecanduan Gim Online: Penanganannya dalam Konseling Individual. Guidance, 17(2), 9–20.
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.
Aini, N., & Widyafendhi. (2019). Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi terhadap Keberhasilan Usaha. Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia, 2(2), 184–195.
Blegur, A., & Handoyo, S. E. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, dan Locus of Control terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jmk.v2i1.7424
Capa-Aydin, Y., Uzuntiryaki-Kondakci, E., & Ceylandag, R. (2018). The Relationship between Vicarious Experience, Social Persuasion, Physiological State, and Chemistry Self-efficacy: The Role of Mastery Experience as a Mediator. Psychology in the Schools, 55(10), 1224–1238. https://doi.org/10.1002/pits.22201
Dihni, V. A. (2022). Jumlah Gimrs Indonesia Terbanyak Ketiga di Dunia. Katadana. www.databoks.katadana.co.id/datapublish/2022/02/16/jumlah-gimrs-indonesia-terbanyak-ketiga-di-dunia/
Farasonalia, R., & Assifa, F. (2019, October 19). 3 Anak di Semarang Alami Gangguan Jiwa akibat Kecanduan Gim Online. Kompas. https://regional.kompas.com/read/2019/10/19/13403171/3-anak-di-semarang-alami-gangguan-jiwa-akibat-kecanduan-gim-online
Faza, W., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Efikasi Diri Menghafal Alquran pada Santri Hafidz di Pondok Pesantren Modern Alquran dan Raudlotul Huffadz. Jurnal Empati, 7(1), 256–262. https://doi.org/10.14710/empati.2018.20193
Gurusinga, F. M. (2021). Hubungan Kecanduan Gim Online dengan Pola Tidur pada Remaja Usia 16-18 Tahun di SMA Negeri 1 Deli Tua Kecamatan Deli Tua Kabupaten Derli Serdang. Penelitian Keperawatan Medik, 2(2).
H. B. Sutopo. (2006). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Universitas Sebelas Maret.
Hendiani, N., Sakti, H., & Widiyati, C. G. (2013). Hubungan antara Persepsi dukungan Keluarga sebagai Pengawas Minum Obat dan Efikasi Diri Penderita Tuberkolosis di BPKM Semarang. Jurnal Psikologi, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.14710/jpu.12.1.1-10
Kajonius, P. J., & Johnson, J. A. (2019). Assessing the Structure of the Five Factor Model of Personality (IPIP-NEO-120) in the Public Domain. Europe’s Journal of Psychology, 15(2), 260–275. https://doi.org/10.5964/ejop.v15i2.1671
Leigh-Hunt, N., Bagguley, D., Bash, K., Turner, V., Turnbull, S., Valtorta, N., & Caan, W. (2017). An Overview of Systematic Reviews on the Public Health Consequences of Social Isolation and Loneliness. Public Health, 152, 157–171. https://doi.org/10.1016/j.puhe.2017.07.035
Leliana, I., Ronda, M., & Lusianawati, H. (2018). Representasi Pesan Moral dalam Film Tilik (Analisis Semiotik Roland Barthes). Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 21(2), 142–156.
Mahi Hikmat. (2011). Metode Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra: Vol. Yogyakarta (Graha Ilmu).
Monica, N., Marta, R. F., & Panggabean, H. (2023). Studi Efikasi Diri terhadap Komunikasi Non-Verbal dalam Tokoh Utama Film The Pursuit of Happiness. Scriptura: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 13(1). https://doi.org/109744/scriptura.13.1.79-89
Monika, & Adman. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2).
Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Gim Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148–158. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402
Nurmala, S., & Sarirah, T. (2023). Peran Kepribadian dan Lokus-kendali terhadap Perilaku Inovatif Individual: Studi pada Pegawai Ombudsman Republik Indonesiaal. Jurnal Psikologi Sosial, 21(2), 144–156. https://doi.org/10.7454/jps.2023.16
Osofsky, H. J., Weems, C. F., Graham, R. A., Osofsky, J. D., Hansel, T. C., & King, L. S. (2019). Perceptions of Resilience and Pshysical Health Symptom Improvement Following Post Disaster Intergrated Health Services. Disaster Medicine and Public Health Preparedness, 13(2), 223–229. https://doi.org/10.1017/dmp.2018.35
Ower, C., Kemmler, G., Vill, T., Martini, C., Schmitt, A., Sperner-Unterweger, B., & Hufner, K. (2019). The Effect pf Physical Activity in an Alpine Environment on Quality of Life is Mediated by Resilience in Patients with Psychosomatic Disorders and Healthy Controls. European Archives of Psychiatry and Clinical Neuroscience, 269(5), 543–553. https://doi.org/10.1007/s00406-018-0930-2
Pramesta, D. K., & Dewi, K. D. (2021). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Siswa Kelas X. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7), 23–33.
Prasetya, A. B. (2019). Analisis Semiotika Film dan Komunikasi (1st ed., Vol. 1). Intrans Publishing.
Putri, D. E., Raharjo, W., Pranandari, K., Rini, Q. K., & Qomariyah, N. (2023). Do Loneliness, Perceived Stress, and Communication Skill with Peers Predict Social Problem-solving in Freshman during COVID-19 Pandemic? Jurnal Psikologi Sosial, 21(1), 12–22. https://doi.org/10.7454/jps.2023.04
Rachmawati. (2019). 5 Kasus Kecanduan Gim Online, Bolos Sekolah 4 Bulan hingga Bunuh Sopir Taksi untuk Dapat Uang. Kompas. . Kompas. https://regional.kompas.com/read/2019/12/20/06360071/5-kasus-kecanduan-gim-online-bolos-sekolah-4-bulan-hingga-bunuh-supir-taksi
Rahayuningtyas, W., Wulandari, T., Pramono, A., & Ismail, A. I. Hj. (2019). The Teaching of Wayang Topeng Malang Character as the Self-Efficacy Education for Student. Asian Scholars Network, 1(1).
Ramadhan, A., & Yuniati Yenni. (2023). Analisis Semiotika Pesan Moral dalam Film Pendek Animasi Wake Up Call. Bandung Conference Series: Journalism.
Renaningtyas, W. (2017). Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian terhadap Keberhasilan Usaha pada Anggota Komunitas. Psikoborneo, 5(4).
Rinaldo, A. (2022). Peran Mise-en-scene terhadap Efikasi Diri Tokoh Chiron dalam Film Moonlight. Syntax Idea, 4(5), 871–833. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v4i5.1832
Saputra, N., Nugroho, R., & Tuti, R. W. D. (2023). Resiliensi Personal para Guru dan Dosen Semasa COVID-19: Menelaah Dampak dari Kesehatan Fisik, Mental, dan Finansial. Jurnal Psiokologi Sosial, 21(2), 170–189. https://doi.org/10.7454/jps.2023.18
Sobur, A. (2017). Semiotika Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.
Sudarno, A. (2019). Kisah Pecandu Gim Online, Membunuh Sopir Taksi Online demi Servis Laptop. Liputan 6. https://www.liputan6.com/amp/4102518/kisah-pecandu-gim-online-membunuh-sopir-taksi-online-demi-service-laptop
Weisarkurnai, B. F., & Nasution, B. (2017). Representasi Pesan Moral dalam Film Rudy Habibie Karya Hanung Bramantyo (Analisis Semiotika Roland Barthes). JOM FISIP, 4(1), 1–14.
Wibisono, P., & Sari, Y. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Film Bintang Ketjil Karya Wim Umbroh dan Misbach Yusa Bira. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi., 1(1).
World Health Organization Team. (2020). Addictive Behaviours: Gaming Disorder. World Health Organization. https://www.who.int/news-room/questions-and-answers/item/addictive-behaviours-gaming-disorder
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Afrizal Rinaldo, Ranang Agung Sugihartono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.