Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Kualitas Produk dan Pelayanan dengan Menggunakan Komparasi Fuzzy Inference System
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i4.329Abstract
Kepuasan pelanggan merupakan bagian terpenting yang berdiri sendiri dan dipengaruhi oleh kualitas layanan. Kualitas layanan mendorong pelanggan untuk komitmen kepada produk dan layanan suatu perusahaan sehingga berdampak kepada peningkatan penjualan suatu produk. Permasalahan yang diambil dari penelitian ini adalah dalam 2 tahun terakhir dari tahun 2016-2017 jumlah konsumen pada Restoran D’Cost Seafood Pamulang Square mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan yang diberikan terhadap pelayanan Restoran D’Cost Pamulang Square dengan membandingkan dua metode Fuzzy Inference System Metode Sugeno dan Metode Tsukamoto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan empat variabel input yaitu kualitas pelayanan, kualitas produk, kualitas harga sedangkan untuk variabel outputnya yaitu kepuasan pelanggan. Untuk data penelitian dilakukan sampel dengan cara melakukan menyebaran kuesioner kepada 100 responden konsumen D’Cost Seafood secara acak. Dari hasil perhitungan dimana data input yang diambil berdasarkan nilai rata-rata dengan nilai 29 pada kualitas pelayanan, nilai 26 pada kualitas produk, nilai 12 pada kualitas harga dan nilai 25 pada kualitas suasana diperoleh tingkat kepuasan pelanggan dengan menggunakan Metode Tsukamoto sebesar 67.06 dengan persentase MAPE sebesar 19.17 % sedangkan Metode Sugeno dengan Toolbox Matlab menghasilkan nilai tingkat kepuasan pelanggan sebesar 78.6 dengan persentase MAPE sebesar 8.57 % dengan himpunan fuzzy Cukup Puas. Selanjutnya saran yang diberikan untuk menentukan nilai kepuasan pelanggan yaitu dengan menggunakan metode Sugeno. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan manajerial untuk mengetahui variabel input mana yang harus diperbaiki untuk dapat meningkatkan pendapatan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Leni Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.