Evaluasi Pelaksanaan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) dalam Mewujudkan Kesejahteraan Sosial di kota Sukabumi Provinsi Jawa Barat

Authors

  • Niluh Putri Susanti Institut Pemerintahan Dalam Negeri

DOI:

https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i3.39

Keywords:

Evaluasi, Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu, Kesejahteraan Sosial

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pelaksanaan program SLRT (Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu) yang merupakan program lanjutan dari Pandu Gempita (Pelayanan Terpadu dan Gerakan Kota/Kabupaten Sejahtera) di Kota Sukabumi. Program yang telah berjalan sejak tahun 2014 membawa dampak positif meski presentase penduduk miskin yang dilayani belum maksimal.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana evaluasi pelaksanaan SLRT, faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan SLRT, dan rumusan strategi yang akan digunakan. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori evaluasi William N. Dunn dan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis ASOCA dan tes litmus.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil evaluasi dalam pelaksanaan SLRT ini yakni 1) pelayanan SLRT sejak tahun 2015 hingga tahun 2018 mengalami peningkatan terutama pada tingkat produksi dan perkembangan pelayanan dikarenakan kenaikan jumlah masyarakat yang mendapat pelayanan SLRT serta alur pelayanan yang mudah dipahami oleh masyarakat awam, 2) pelayanan SLRT berjalan dengan efisien karena penggunaan APBD sebagai sumber anggaran kegiatan digunakan dengan baik sehingga masyarakat penerima pelayanan tidak perlu membayar biaya administrasi pelayanan, 3) SLRT sudah cukup membantu warga miskin dan dapat mencapai suatu masalah sosial yang terjadi di Kota Sukabumi, 4) asas pemerataan pada program ini sudah berjalan dengan baik dan dapat dirasakan ke seluruh warga miskin yang sudah terdaftar dalam Basis Data Terpadu., 5) kualitas pelayanan yang dilaksanakan oleh UPT SLRT Repeh Rapih mengalami perkembangan signifikan dan peningkatan yang sangat positif sejak program SLRT diterapkan pada tahun 2017 hingga saat ini, dan 6) program SLRT ini dapat menjawab keinginan masyarakat miskin dan rentan miskin untuk mendapatkan pelayanan publik yang layak secara tepat.

Downloads

Published

2021-03-15

How to Cite

Putri Susanti , N. . (2021). Evaluasi Pelaksanaan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) dalam Mewujudkan Kesejahteraan Sosial di kota Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Jurnal Sosial Dan Teknologi (SOSTECH), 1(3), 185–199. https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i3.39