Pengaruh Penambahan Tepung Tulang Ikan Tenggiri (Scomberomorus Commerson ) Pada Pembuatan Crackers Sayur Terhadap Daya Terima Konsumen

Authors

  • Dianissa Ambaryanti Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Annis Kandriasari Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • I Gusti Ayu Ngurah S Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i9.416

Keywords:

crackers sayur, tepung tulang ikan tenggiri, daya terima konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung tulang ikan tenggiri pada crackers sayur terhadap daya terima konsumen. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium pastry dan Bakery, Program Studi Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penambahan tepung tulang ikan tenggiri pada crackers sayur sebesar 5%, 10% dan 15% terhadap daya terima konsumen. Daya terima crackers sayur dinilai berdasarkan uji mutu hedonik terhadap aspek warna, rasa, aroma, tekstur, dan rongga dengan jumlah panelis sebanyak 30 orang. Data hasil penilaian panelis dianalisis dengan menggunakan uji friedman pada tarif signifikan α = 0,05. Hasil pengujian hipotesis dengan uji friedman menunjukkan terdapat pengaruh penambahan tepung tulang ikan tenggiri dalam pembuatan crackers sayur terhadap daya terima konsumen pada aspek warna, rasa, aroma, tekstur, dan rongga. Untuk itu penelitian ini dilanjutkan dengan uji tuckey’s. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada produk crackers sayur, produk dengan penambahan tepung tulang ikan tenggiri sebesar 5% direkomendasikan digunakan dalam pembuatan crackers sayur, untuk pengoptimalan pemanfaatan hasil olahan tepung tulang ikan berupa tepung tulang ikan tenggiri sebagai bahan tambahan makanan.

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

Ambaryanti, D., Kandriasari, A. ., & Ayu Ngurah S, I. G. . (2022). Pengaruh Penambahan Tepung Tulang Ikan Tenggiri (Scomberomorus Commerson ) Pada Pembuatan Crackers Sayur Terhadap Daya Terima Konsumen. Jurnal Sosial Teknologi, 2(9), 785–791. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i9.416