Pemilihan Jalur LRT Dilihat Dari Aspek Volume Lalu Lintas

Authors

  • Yudan Agung Nugraha Universitas Langlangbuana Bandung
  • Fauzia Mulyawati Universitas Langlangbuana Bandung
  • Jessy Sudrajat Universitas Langlangbuana Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i10.432

Keywords:

Transport Demand Management, Light Rail Transit, Volume Lalu Lintas, Kapasitas Jalan

Abstract

Dimana kinerja angkutan umum perkotaan tidak efektif yang menyebabkan waktu tempuh lebih panjang, sehingga bertumpuk menjadi kemacetan. Solusi yang dikembangkan untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemerintah Kota Bandung menerapkan sistem transportasi umum berkelanjutan yang memiliki kapasitas besar (massal) berbasis rel yaitu Kereta Api Light Rail Transit (LRT) dan terintegrasi dengan moda angkutan lain serta didukung oleh manajemen transportasi yang baik.

Upaya Pemerintah Kota Bandung dalam menangani hal tersebut yaitu dengan merencanakan angkutan masal berbasis rel yaitu LRT di Koridor ruas jalan babakan Siliwangi. Namun dengan adanya LRT kinerja jalan mengalami perubahan dan perlu dianalisis untuk mendukung LRT dengan menggunakan Transport Demand Management. Pada Penelitian ini lokasi studi yang ditinjau berada di Jalan Babakan Siliwangi yang merupakan jalan pusat Kota Bandung yang mana angkutan moda berbasis LRT dengan kondisi eksisting Dj> 0,85. Kondisi lalu lintas setelah adanya LRT dilakukan dengan mengurangi volume lalu lintas dengan nilai probabilitas perpindahan angkutan pribadi ke Light Rail Transit demand LRT sebesar 20% dan kapasitas jalan berkurang dengan pengurangan lajur untuk LRT yang mempengaruhi kinerja di ruas jalan yang direncanakan, maka diperoleh Dj>0,85. Untuk memperbaiki kinerja jalan setelah pembangunan LRT direncanakan dengan menggunakan strategi TDM. Memilih strategi TDM dengan Analisis Multikriteria diperoleh weighted score yang tertinggi adalah Sistem Stiker (Area Licensing). Berdasarkan survei telah dilakukan dengan selisih tarif Rp 5.000,- antara tarif LRT dan tarif TDM menghasilkan nilai Dj <0,85, maka kinerja jalan sudah memenuhi syarat

References

Aditya Wahyu Saputra, A. W. S. (2021). Evaluasi Integrasi Moda Kereta Api Ringan (Lrt) Dengan Transmusi Dan Damri Di Kota Palembang. Politeknik Transportasi Darat Indonesia-Sttd.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Cv Jejak (Jejak Publisher).

Anisah, S., Utoyo, B., & Kustiani, I. (2020). Analisis Persepsi Pengguna Layanan Transportasi Lrt Kota Palembang. Jurnal Tekno Global, 9(1).

Bintari, A., & Pandiangan, L. H. S. (2016). Formulasi Kebijakan Pemerintah Tentang Pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (Bumd) Perseroan Terbatas (Pt) Mass Rapid Transit (Mrt) Jakarta Di Provinsi Dki Jakarta. Cosmogov. Jurnal Ilmu Pemerintahan Issn, 2442, 5958.

Ismanto, A. (2021). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Untuk Peningkatan Pelayanan Lalu Lintas: Studi Kasus Simpang Patangpuluhan, Yogyakarta.

Istiqomah, J. Y. N., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 670–681.

Nuribadah, N. (2012). Implementasi Kebijakan Dan Strategi Pelestarian Kawasan Ekosistem Leuser Provinsi Aceh Sebagai Kawasan Strategis Nasional. Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 14(3), 465–484.

Nurmandi, A. (2022). Manajemen Perkotaan. Bumi Aksara.

Rahma, S., Wijayanti, D. A., Ismiyati, I., & Purwanto, D. (2014). Penyediaan Transportasi Umum Masa Depan Di Kota Semarang. Jurnal Karya Teknik Sipil, 3(1), 154–166.

Sadono, S. (2017). Budaya Disiplin Dalam Berlalu Lintas Kendaraan Roda Dua Di Kota Bandung.

Sari, P. N. (2021). Analisis Persepsi Pengguna Layanan Transportasi Lrt Kota Palembang. 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

Sri Adiningsih, S. E. (2019). Transformasi Ekonomi Berbasis Digital Di Indonesia: Lahirnya Tren Baru Teknologi, Bisnis, Ekonomi, Dan Kebijakan Di Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Syahbandi, M. S., & Tasri, E. S. (2020). Pengaruh Kehadiran Transportasi Online Terhadap Pendapatan Transportasi Konvensional Dikota Padang. Abstract Of Undergraduate Research, Faculty Of Economics, Bung Hatta University, 17(3).

Unpas, D. F. E. B. (2018). Laporan Akhir Kajian Potensi Pajak Air Tanah Kota Bandung. Dekanat Feb Unpas.

Widiyanti, D. (2017). Pengembangan Feeder Transportasi Massal Di Kota Medan. Jurnal Transportasi Multimoda, 13(3), 107–120.

Downloads

Published

2022-10-16

How to Cite

Agung Nugraha, Y., Mulyawati, F. ., & Sudrajat, J. . (2022). Pemilihan Jalur LRT Dilihat Dari Aspek Volume Lalu Lintas . Jurnal Sosial Teknologi, 2(10), 887–900. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i10.432