Peran Green Trust Memediasi Green Perceived Value Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Green Repurchase Intention

Authors

  • Edyson Angelico Dias Marques Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Ni Made Wulandari Kusuma Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i11.483

Keywords:

Green Perceived Value, Kepuasan Konsumen, Green Trust Green Reuprchase Intention

Abstract

Gencarnya peringatan akan kondisi lingkungan yang semakin rusak perlahan mulai mendapat perhatian tidak hanya dari kalangan pemerhati lingkungan semata. Dampak dari kondisi lingkungan ini menjadi kekhawatiran manusia karena dapat mengancam kelangsungan hidup manusia dan keturunannya. Salah satu contoh produk ramah lingkungan yang banyak beredar di pasaran adalah Tupperware. Tupperware merupakan merek dari produk rumah tangga yang terbuat dari plastik kualitas tinggi yang diproduksi dan dipasarkan  oleh perusahaan Amerika Serikat yakni Tupperware Corporation. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran green trust memediasi green perceived value dan kepuasan konsumen terhadap green repurchase intention. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif. Penelitian  asosiatif merupakan penelitian yang mampu menjelaskan hubungan diantara berbagai variable. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa  green perceived value, kepuasan konsumen, serta green trust berpengaruh positif signifikan terhadap green repurchase intention. Menunjukkan bahwa semakin tinggi green perceived value, kepuasan konsumen dan green trust akan meningkatkan green repurchase intention pada produk tersebut. Selain itu, green perceived value dan kepuasan konsumen dapat mempengaruhi green repurchase intention melalui green trust sebagai variabel mediasi, yang artinya pengaruh green trust akan semakin besar apabila diikuti dengan peningkatan green perceived value dan kepuasan konsumen

References

AntaraNews. (2019). Denpasar mulai terapkan aturan pengurangan kantong plastik. Antara.

Antonius, F. (2018). PENGARUH GREEN PERCEIVED VALUE, GREEN PERCEIVED RISK, GREEN CONSUMER CONSFUSION, GREEN TRUST, CONSUMER GUILT, SELF MONITORING, PRIDE DAN PERCEIVED CONSUMER EFFECTIVENESS TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION (KASUS STARBUCKS JAKARTA). JURNAL MANAJEMEN BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN, 2(4), 106–111.

Ariffin, S., Yusof, J. M., Putit, L., & Shah, M. I. A. (2016). Factors Influencing Perceived Quality and Repurchase Intention Towards Green Products. Procedia Economics and Finance, 37(1), 391–396.

Arseculeratne, & Yazdanifard. (2014). How Green Marketing Can Create a Sustainable Competitive Advantage for a Business. International Business Research, 7(1), 130–137.

Cahyani, N. L. T. H., & Wardana, I. M. (2017). PERAN GREEN TRUST DALAM MEMEDIASI PENGARUH GREEN PRODUCT PERCEPTION TERHADAP GREEN REPURCHASE INTENTION. E-Jurnal Manajemen, 6(6), 2933–2966.

Chen, Y. S., & Chang, C. H. (2013). Greenwash and Green Trust: The Mediation Effects of Green Consumer Confusion and Green Perceived Risk. Journal of Business Ethics, 114(3), 489–500.

Chiang, A., Chan, P., & Nguyen, L. (2014). Do U.S. Food Companies Achieve Competitive Advantages by Implementing Green Strategies throughout their Supply Chains? Advances in Management & Applied Economics, 4(5), 41–52.

Dewi, S. A., & Rastini, N. M. (2016). peran green trust memediasi green perceived value dan green perceived risk terhadap green repurchase intention. E-Jurnal Universitas Udayana, 5(12), 8046–8078.

Dharmayana, I. M. A., & Rahanatha, G. B. (2017). PENGARUH BRAND EQUITY, BRAND TRUST, BRAND PREFERENCE, DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP NIAT MEMBELI KEMBALI. E-Jurnal Manajemen, 6(4), 2018–2046.

Dwipayana, B., & Sulistyawati, E. (2017). PENGARUH GREEN BRAND IMAGE DAN GREEN PERCEIVED VALUE TERHADAP GREEN TRUST DAN GREEN BRAND EQUITY. E-Jurnal Manajemen, 6(7), 3850–3877.

Falah, M., & Ebrahimi, M. R. (2014). A study on the effect of green marketing on consumers’ purchasing intention. Management Science Letters, 4(3), 421–424. https://doi.org/10.5267/j.msl.2014.1.030

Fang, Y.-H., Chiu, C.-M., & Wang, E. T. (2011). understanding customers satisfaction and repurchase intentions. Internet Research, 21(4), 479–503.

Farida, N., & Elia, A. (2015). repeat purchase intention of starbucks consumers in indonesia: a green brand approach. UDK Journal, 27(2), 189–202.

Ha, H.-Y., Muthaly, S., & Janda, S. (2010). A new understanding of satisfaction model in e-re-purchase situation. European Journal of Marketing, 44(7), 997–1016. https://doi.org/10.1108/03090561011047490

Hair, J. F., Black, W. C., & Babin, B. J. (2014). Multivariate data analysis. Upper Saddle River: Prentice Hall.

Huang, C.-C., Yen, S.-W., Liu, C.-Y., & Chang, T.-P. (2014). THE RELATIONSHIP AMONG BRAND EQUITY, CUSTOMER SATISFACTION, AND BRAND RESONANCE TO REPURCHASE INTENTION OF CULTURAL AND CREATIVE INDUSTRIES IN TAIWAN. International Journal of Organizational Innovation, 6(3), 106–120.

IDX Channel. (2020). Pendapat Naik 41%, CEO Tupperware Ungkap Kesadaran Ramah Lingkungan Meningkat. Okezone.

Kaveh, M., Mosavi, S. A., & Ghaedi, M. (2012). The application of European Customer Satisfaction Index (ECSI) model in determining the antecedents of satisfaction, trust and repurchase intention in five-star hotels in Shiraz, Iran. African Journal of Business, 6(19), 6103–6113.

Lam, A. Y. C., Lau, M. M., & Cheung, R. (2016). Modelling the Relationship among Green Perceived Value, Green Trust, Satisfaction, and Repurchase Intention of Green Products. Contemporary Management Research, 12(1), 47–60. https://doi.org/10.7903/cmr.13842

Masitoh, M. R., & Widikusyanto, M. J. (2017). Pengaruh Kepuasan den kepercayaan pelanggan pada Niat Beli Ulang Secara Online. Jurnal Sains ManajemenManajemen, 3(1), 50–68.

Norazah, M. S., & Norbayah, M. S. (2016). Consumer Environmental Concern and Green Product Purchase in Malaysia: Structural Effects of Consumption Values. Journal of Cleaner Production, 3(2), 204–214.

Permata Sari, P. I. (2016). Studi Tentang Minat Beli Ulang Produk Tupperware. JURNAL SAINS PEMASARAN INDONESIA, XV(2), 119–129.

Pratama, M. A. (2014). profil green consumers indonesia: identifikasi segmen dan faktor - faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian green products. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(1), 13–24.

Putra, K. D. S., & Rastini, N. M. (2017). Pengaruh Green perceived value Dan Green Perceived Quality terhadap Green Satisfaction Dan Green trust. E-Journal Universitas Udayana, 6(5), 2789–2816.

Putri, Y., & Suparna, G. (2014). Peran Kebiasaan Membaca Label Dalam Memediasi Pengaruh Variabel Demografi Terhadap Niat Membeli Produk Hijau Merek Natur-E Di Kota Denpasar. E-Journal Universitas Udayana, 3(4), 975–987.

Risyamuka, I., & Kastawan, M. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijau di Restoran Sari Organik Ubud. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(2), 1–13.

Rosannah, F. S. (2014). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Merek Pada Niat Membeli Ulang. Siasat Bisnis, 18(1), 63–80.

Royer, S.-J., Ferrón, S., Wilson, S. T., & Karl, D. M. (2018). Production of methane and ethylene from plastic in the environment. PLOS One, 13(8), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.1371/journal.pone.0200574

Saraswaty, W., & Suprapti, N. W. S. (2015). Peran Sikap Dalam Memediasi Pengaruh Kepedulian Lingkungan Terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(8), 2407–2427.

Shaputra, R. K. (2013). Penerapan Green Marketing Pada Bisnis Produk Kosmetik. Jurnal Jibeka, 7(3), 47–53.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryana, P. (2013). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Implikasinya pada Minat Beli Ulang. Trikonomika, 12(2), 190–200.

Waskito, J. (2015). Upaya Meningkatan Niat Pembelian Produk Ramah Lingkungan Melalui Nilai, Risiko dan Kepercayaan Terhadap Produk Hijau. Etikonomi, 14(1), 1–10.

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Angelico Dias Marques, E., & Wulandari Kusuma Dewi, N. M. . (2022). Peran Green Trust Memediasi Green Perceived Value Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Green Repurchase Intention. Jurnal Sosial Teknologi, 2(11), 1019–1036. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i11.483

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.