Analisis Peran Media Sosial Dalam Membentuk Identitas Nasional Generasi Milenial di Indonesia

Authors

  • Wahyu Fidi Ramadhina Assidiq Institut Teknologi Telkom Surabaya, Indonesia
  • Muhammad Difa Ulinnuha Alfarhani Institut Teknologi Telkom Surabaya, Indonesia
  • Dewa Nandhika Institut Teknologi Telkom Surabaya, Indonesia
  • Muhammad Faqih Amirullah Institut Teknologi Telkom Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i9.912

Keywords:

milenial, Media Sosial, identitas nasional

Abstract

Penelitian ini membahas  peran media sosial dalam membentuk identitas nasional generasi milenial Indonesia. Identitas nasional berperan penting dalam memperkuat identitas nasional dan membedakan Indonesia dari negara lain. Namun, warga negara Indonesia masih kurang memahami identitas nasional. Munculnya media sosial telah membawa perubahan besar dalam akses informasi dan dampaknya bagi kaum milenial. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah Metode Penelitian Kualitatif, yaitu dengan membagikan kuesioner serta metode wawancara dalam proses pengambilan data. Survei tersebut melibatkan delapan responden berusia 19-25 tahun dari berbagai kota di Indonesia, mewakili perspektif dan generasi yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial dipandang sebagai platform penting untuk menyebarkan informasi, menanamkan nilai-nilai identitas nasional pada generasi milenial dan memberdayakan mereka untuk memperjuangkan isu-isu penting. Di satu sisi, media sosial dapat membangun pemahaman yang inklusif, menghubungkan masyarakat dengan budaya tradisional, dan memperkuat kohesi dengan memfasilitasi pertukaran ide dan informasi antar generasi. Namun di sisi lain, penggunaan media sosial yang tidak bijaksana dapat menimbulkan polarisasi dan menghambat pembentukan identitas bangsa. Oleh karena itu, perlu diupayakan pemanfaatan media sosial secara bijak untuk meminimalisir polarisasi dan memperkuat pembentukan identitas nasional generasi milenial

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Ramadhina Assidiq, W. F., Alfarhani, M. D. U., Nandhika, D. ., & Amirullah, M. F. (2023). Analisis Peran Media Sosial Dalam Membentuk Identitas Nasional Generasi Milenial di Indonesia. Jurnal Sosial Teknologi, 3(9), 772–775. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i9.912