Analisis Konsep, Teori Teknologi Informasi Dan Implikasinya Dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran PAI Di Indonesia: Sistematik Literatur Riview
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i11.985Keywords:
Konsep, Teknologi informasi, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sistematik terhadap literatur yang relevan mengenai konsep-konsep Teknologi Informasi, teori-teori yang terkait, dan implikasi penggunaannya dalam konteks pengembangan Pendidikan Agama Islam di Indonesia yang datanya diperoleh dari jurnal yang terkait pada tahun 2015-2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode sistematik literatur review (SLR). Metode SLR digunakan untuk mengidentifikasi, meninjau, mengevaluasi dan menafsirkan semua penelitian yang ada dengan menggunakan bidang praktis yang menarik, menggunakan pertanyaan penelitian yang relevan dan eksklusif. Denganmenggunakan pendekatan SLR, tinjauan sistematis dan identifikasi jurnal dapatdilakukan, dengan setiap proses mengikuti langkah atau protokol yang telahditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) konsep teknologi informasimencakup penggunaan perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), serta sistem dan metode untuk mengakses, mengolah, dan menyampaikan informasidalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), seperti komputer, video, tape recorder, HP, LCD proyektor, dan internet 2) teori teknologi informasiyang dibahas dalam artikel cenderung mencakup pemahaman umum tentangpenggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, tanpamerinci teori-teori tertentu 3) penggunaan TIK dalam pembelajaran PAI dapatmemperluas paradigma pembelajaran dan meningkatkan kualitas pendidikan agama. Selain itu, pemanfaatan teknologi informasi juga dapat memperkaya variasipembelajaran PAI, membuatnya lebih menarik bagi siswa. Studi ini dapatmemberikan pemahaman yang lebih baik tentang teori konsep Teknologi Informasidan Implikasi dalam pengembangan Teknologi Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Sambil mengidentifikasi peluang dan tantangan yang perlu diatasi dalammenghadapi perubahan teknologi informasi yang terus berlanjut.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Faldin Fahza Alfaizi, Yesi Airohmah, Bakti Fatwa Anbiya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.