Analisis Konsep, Teori Teknologi Informasi Dan Implikasinya Dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran PAI Di Indonesia: Sistematik Literatur Riview

Authors

  • Faldin Fahza Alfaizi Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang, Indonesia
  • Yesi Airohmah Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang, Indonesia
  • Bakti Fatwa Anbiya Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i11.985

Keywords:

Konsep, Teknologi informasi, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sistematik terhadap literatur yang relevan mengenai konsep-konsep Teknologi Informasi, teori-teori yang terkait, dan implikasi penggunaannya dalam konteks pengembangan Pendidikan Agama Islam di Indonesia yang datanya diperoleh dari jurnal yang terkait pada tahun 2015-2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode sistematik literatur review (SLR). Metode SLR digunakan untuk mengidentifikasi, meninjau, mengevaluasi dan menafsirkan semua penelitian yang ada dengan menggunakan bidang praktis yang menarik, menggunakan pertanyaan penelitian yang relevan dan eksklusif. Denganmenggunakan pendekatan SLR, tinjauan sistematis dan identifikasi jurnal dapatdilakukan, dengan setiap proses mengikuti langkah atau protokol yang telahditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) konsep teknologi informasimencakup penggunaan perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), serta sistem dan metode untuk mengakses, mengolah, dan menyampaikan informasidalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), seperti komputer, video, tape recorder, HP, LCD proyektor, dan internet 2) teori teknologi informasiyang dibahas dalam artikel cenderung mencakup pemahaman umum tentangpenggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, tanpamerinci teori-teori tertentu 3) penggunaan TIK dalam pembelajaran PAI dapatmemperluas paradigma pembelajaran dan meningkatkan kualitas pendidikan agama. Selain itu, pemanfaatan teknologi informasi juga dapat memperkaya variasipembelajaran PAI, membuatnya lebih menarik bagi siswa. Studi ini dapatmemberikan pemahaman yang lebih baik tentang teori konsep Teknologi Informasidan Implikasi dalam pengembangan Teknologi Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Sambil mengidentifikasi peluang dan tantangan yang perlu diatasi dalammenghadapi perubahan teknologi informasi yang terus berlanjut.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Fahza Alfaizi, F., Airohmah, Y. ., & Fatwa Anbiya, B. . (2023). Analisis Konsep, Teori Teknologi Informasi Dan Implikasinya Dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran PAI Di Indonesia: Sistematik Literatur Riview. Jurnal Sosial Teknologi, 3(11), 931–943. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i11.985