“Antecedent” dan “Consequencs” Terhadap Kepuasan dalam Hubungan Penjual-Pembeli
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i10.225Keywords:
Antesenden, Konsekuensi, Kepuasan, Hubungan, Penjual, PembeliAbstract
Latar belakang: Berdasarkan era perkembangan sektor jasa menuntut suatu persaingan yang super ketat, dimana kepentingan pelanggan menjadi prioritas utama, maka kepuasan mendapat perhatian bagi para peneliti di berbagai disiplin ilmu.
Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui antecedent dan consequencs suatu kepuasan yang dipengaruhi oleh komunikasi, komitmen dan penanganan konflik sedangkan kepuasan memengaruhi kepercayaan dan kelanjutan hubungan dalam konteks penjual-pembeli.
Metode penelitian: Metode penelitian yang digunakan yaitu metode multiple regression dibantu statistik deskriptif sederhana dan ditunjang dengan menggunakan tabel. Penelitian terdiri dari dua karakter item yaitu multi item (komunikasi, komitmen dan penanganan konflik) dan single item (kepuasan, kepercayaan dan kelanjutan hubungan). Populasi yang digunakan yaitu konsumen suatu perusahaan perdagangan Indonesia di Cirebon yang terdaftar berjumlah 550 dengan besar sampel yang diambil ditentukan jumlahnya dengan menggunakan rumus Slovin yaitu berjumlah 85 responden.
Hasil penelitian: Hasil penelitian yaitu komunikasi berpengaruh terhadap kepuasan, komitmen berpengaruh terhadap kepuasan, penanganan konflik berpengaruh terhadap kepuasan, kepuasan berpengaruh terhadap kepercayaan dan kepuasan berpengaruh terhadap kelanjutan hubungan. Kesimpulan: Penelitian dapat disimpulkan bahwa komunikasi, komitmen dan penanganan konflik berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dimana kepuasan yang dirasakan juga memengaruhi kepercayaan pelanggan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Salam Salam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.