Membangun Pola Pikir Produktif Pada Peserta Didik Broken Home Melalui Pendekatan Konselor Kognitif Behavior Kelompok Di Smp Kristen Tomohon

Authors

  • Ariantje J. A. Sundah Universitas Negeri Manado, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i11.249

Keywords:

Pola Pikir Produktif, Konselor, Kelompok Rasional Emotif Behavior

Abstract

Latar belakang: Pola pikir yang mampu beroperasi secara sehat, dapat  menghasilkan perilaku belajar untuk  kemajuan atau produktif.

Tujuan penelitian: Untuk membantu subjek penelitian mengubah pola pikir yang tidak produktif, menjadi produktif, melalui penerapan pendekatan konselor Rasional Emotif  Behavior.

Metode penelitian: Subjeknya empat  peserta didik broken home yang menunjukkan pola pikir irasional sehingga tidak produktif. Melalui proses konselor rasional emotif behavior, dengan metode action research (tindakan konselor kelompok) maka 4 subjek dalam kelompok dapat mengalami perubahan pola pikir secara bertahap  dalam menjalani kehidupan penuh tantangan. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Siklus 1 dilaksanakan selama 4 sesi dalam 3 tahapan konselor. Siklus kedua dilaksanakan 4 sesi  dalam 2 tahapan konselor selanjutnya. 

Hasil penelitian: Hasil siklus pertama terlihat kedua konselor mengalami perubahan, dimana mereka terlihat mulai kuat menghadapi tantangan dalam belajar, juga  pada ungkapan pada proses konselor kedua subjek mulai dapat mengemukakan pandangan sehat dan membagi pengalaman kemajuan aktivitas belajar mereka. Sharing of experiance ke dua subjek pertama dapat  membantu kedua subjek lainnya, sehingga pada sesi kedua di siklus kedua, dua subjek berikut  mulai menunjukkan perubahan, dengan mengemukakan statement yang dapat membangun komunikasi produktif. Hal tersebut menunjukkan adanya perubahan pola pikir yang terwujud dalam perilaku belajar. Temuan tersebut menunjukan bahwa konselor kognitif behavior efektif mengubah pola piker negatif atau tidak produktif peserta didik broken home.

Kesimpulan: Mengacu pada hasil-hasil penelitian sebagai mana telah diuraikan pada bagian sebelumnya, maka pada bagian ini akan dikemukakan beberapa kesimpulan sebagai berikut  bahwa konselor kognitif behavior efektif membantu konselor broken home (peserta didik) dalam meningkatkan kemampuan mengubah pola pikir negatif atau pola pikir produktif.

Downloads

Published

2021-11-15

How to Cite

J. A. Sundah, A. . (2021). Membangun Pola Pikir Produktif Pada Peserta Didik Broken Home Melalui Pendekatan Konselor Kognitif Behavior Kelompok Di Smp Kristen Tomohon. Jurnal Sosial Teknologi, 1(11), 1.481 – 1.488. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i11.249