Implementasi Strategi Marketing Mix Syariah Pada UMKM Di Kota Batam Dan Manfaatnya Kepada Masyarakat Sekitarnya

Authors

  • Choiruddin Choiruddin Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta
  • Iwan Setiadi Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta
  • Jafril Khalil Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta
  • Pitri Yandri Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta
  • Amrizal Amrizal Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32050

Keywords:

Implementasi, Strategi Marketing Mix Syariah, UMKM dan Manfaat Masyarakat Sekitarnya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi strategi marketing mix syariah pada UMKM di Kota Batam. Fokus utama adalah mengeksplorasi penerapan elemen marketing mix—produk, harga, tempat, dan promosi—sesuai prinsip syariah Islam. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap pelaku UMKM serta masyarakat sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM tidak hanya memenuhi standar kehalalan, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang signifikan bagi konsumen. Implementasi strategi marketing mix syariah terbukti meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun citra positif di mata masyarakat. Pelaku UMKM berhasil menerapkan prinsip syariah dalam setiap aspek pemasaran, yang berkontribusi pada pengalaman konsumen yang lebih baik. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan bagi pelaku usaha lain dalam menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan syariah, serta bermanfaat bagi masyarakat. Dengan demikian, penerapan strategi marketing mix syariah tidak hanya meningkatkan kepuasan konsumen, tetapi juga berperan dalam pemberdayaan ekonomi lokal, mendorong pertumbuhan UMKM yang berkelanjutan dan etis.

References

Abdul Syukur, P., & Syahbudin, F. (2017). Konsep Marketing Mix Syariah. Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(1).

Asofik, M. R., Syai’in, & Afif, A. (2020). Implementasi Marketing Mix Syariah Di Era Industri 4.0 Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Jurnal Irtifaq, 7(2).

Chaffey, D., Ellis-Chadwick, F., & Mayer, R. (2009). Internet marketing: strategy, implementation and practice. Pearson education.

Chakti, G. (2019). The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.

Dangelico, R. M., & Vocalelli, D. (2017). “Green Marketing”: An analysis of definitions, strategy steps, and tools through a systematic review of the literature. Journal of Cleaner Production, 165, 1263–1279.

Mardiaynto, E. (2021). Implementasi Marketing Mix Dalam Pemasaran Perbankan Syariah. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 9(1). https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v9i1.227

Philip, K., Hermawan, K., & Iwan, S. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. Wiley.

Pudjiastuti, W. (2016). Social marketing: Strategi jitu mengatasi masalah sosial di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Quesenberry, K. A. (2020). Social media strategy: Marketing, advertising, and public relations in the consumer revolution. Rowman & Littlefield.

Sari, O. H., Rukmana, A. Y., Munizu, M., Novel, N. J. A., Salam, M. F., Hakim, R. M. A., Sukmadewi, R., & Purbasari, R. (2023). Digital Marketing: Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Satu Data Kementerian Agama Republik Indonesia. (2023). Jumlah Penduduk Menurut Agama 2022. Kaltim.Bps.Go.Id/.

Shobikin. (2023). Penerapan Marketing Mix Syariah pada UMKM di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1).

Syukur, P. A., & Syahbudin, F. (2020). Konsep Marketing Mix Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(1). https://doi.org/10.46899/jeps.v5i1.167

West, D. C., Ford, J. B., & Ibrahim, E. (2015). Strategic marketing: creating competitive advantage. Oxford University Press, USA.

Widana, I. G. N., Amelia, A., & Yandri, P. (2024). Implementasi Strategi Marketing Mix Syariah pada Produk Obu Jamu di CV. Dua Laba Batam dan Manfaatnya. Jurnal Syntax Admiration, 5(10).

Downloads

Published

2025-03-26

How to Cite

Choiruddin, C., Setiadi, I. ., Khalil, J. ., Yandri, P. ., & Amrizal, A. (2025). Implementasi Strategi Marketing Mix Syariah Pada UMKM Di Kota Batam Dan Manfaatnya Kepada Masyarakat Sekitarnya. Jurnal Sosial Teknologi, 5(3), 375–395. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32050