Implementasi Strategi Marketing Mix Syariah Pada UMKM Di Kota Batam Dan Manfaatnya Kepada Masyarakat Sekitarnya
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32050Keywords:
Implementasi, Strategi Marketing Mix Syariah, UMKM dan Manfaat Masyarakat Sekitarnya.Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi strategi marketing mix syariah pada UMKM di Kota Batam. Fokus utama adalah mengeksplorasi penerapan elemen marketing mix—produk, harga, tempat, dan promosi—sesuai prinsip syariah Islam. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap pelaku UMKM serta masyarakat sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM tidak hanya memenuhi standar kehalalan, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang signifikan bagi konsumen. Implementasi strategi marketing mix syariah terbukti meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun citra positif di mata masyarakat. Pelaku UMKM berhasil menerapkan prinsip syariah dalam setiap aspek pemasaran, yang berkontribusi pada pengalaman konsumen yang lebih baik. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan bagi pelaku usaha lain dalam menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan syariah, serta bermanfaat bagi masyarakat. Dengan demikian, penerapan strategi marketing mix syariah tidak hanya meningkatkan kepuasan konsumen, tetapi juga berperan dalam pemberdayaan ekonomi lokal, mendorong pertumbuhan UMKM yang berkelanjutan dan etis.
References
Abdul Syukur, P., & Syahbudin, F. (2017). Konsep Marketing Mix Syariah. Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(1).
Asofik, M. R., Syai’in, & Afif, A. (2020). Implementasi Marketing Mix Syariah Di Era Industri 4.0 Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Jurnal Irtifaq, 7(2).
Chaffey, D., Ellis-Chadwick, F., & Mayer, R. (2009). Internet marketing: strategy, implementation and practice. Pearson education.
Chakti, G. (2019). The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.
Dangelico, R. M., & Vocalelli, D. (2017). “Green Marketing”: An analysis of definitions, strategy steps, and tools through a systematic review of the literature. Journal of Cleaner Production, 165, 1263–1279.
Mardiaynto, E. (2021). Implementasi Marketing Mix Dalam Pemasaran Perbankan Syariah. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 9(1). https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v9i1.227
Philip, K., Hermawan, K., & Iwan, S. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. Wiley.
Pudjiastuti, W. (2016). Social marketing: Strategi jitu mengatasi masalah sosial di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Quesenberry, K. A. (2020). Social media strategy: Marketing, advertising, and public relations in the consumer revolution. Rowman & Littlefield.
Sari, O. H., Rukmana, A. Y., Munizu, M., Novel, N. J. A., Salam, M. F., Hakim, R. M. A., Sukmadewi, R., & Purbasari, R. (2023). Digital Marketing: Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Satu Data Kementerian Agama Republik Indonesia. (2023). Jumlah Penduduk Menurut Agama 2022. Kaltim.Bps.Go.Id/.
Shobikin. (2023). Penerapan Marketing Mix Syariah pada UMKM di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1).
Syukur, P. A., & Syahbudin, F. (2020). Konsep Marketing Mix Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(1). https://doi.org/10.46899/jeps.v5i1.167
West, D. C., Ford, J. B., & Ibrahim, E. (2015). Strategic marketing: creating competitive advantage. Oxford University Press, USA.
Widana, I. G. N., Amelia, A., & Yandri, P. (2024). Implementasi Strategi Marketing Mix Syariah pada Produk Obu Jamu di CV. Dua Laba Batam dan Manfaatnya. Jurnal Syntax Admiration, 5(10).

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Choiruddin Choiruddin, Iwan Setiadi, Jafril Khalil, Pitri Yandri, Amrizal Amrizal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.