Analisis Perubahan Sistem Refund Tiket Pesawat Terhadap Minat Beli Pelanggan Maskapai Garuda Indonesia

Authors

  • Imam Ozali Institut Transportasi dan Logistik, Jakarta, Indonesia
  • Muhammad Fadli Politeknik Bintan Cakrawala, Bintan, Indonesia
  • Euis Saribanon Institut Transportasi dan Logistik Trisakti Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i8.395

Keywords:

Penerbangan, Reservasi, Tiket, Refund, TiketPenumpang

Abstract

Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan milik negara Republik Indonesia, yang mempunyai kantor pusat di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng. Garuda Indonesia merupakan flight Carier Indonesia, dengan memberikan pelayanan full service terbaik yang memiliki 90 destinasi di seluruh dunia dan di beberapa tempat eksotis di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh dampak perubahan refund tiket dari yang sebelumnya dibayarkan dalam bentuk cash dirubah menjadi dalam bentuk voucher, terhadap minat beli penumpang Garuda Indonesia. Permasalahan yang di hadapi adalah dengan ketentuan baru yang dibuat Garuda Indonesia tentang refund tiket menjadi travel voucher tentunya memicu respon yang beragam dari pelanggan yang sudah lama menggunakan Garuda Indonesia ataupun pelanggan yang masih baru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dimana peneliti menggunakan data kualitatif yang dijabarkan kedalam bentuk deskriptif. Hasil luaran dari penelitian ini, diharapkan dapat diketahui sejauh mana dampak perubahan bentuk refund tiket Garuda Indonesia, yang sebelumnya pelanggan yang melakukan refund akan mendapatkan uang cash, selanjutnya berubah menjadi dalam bentuk voucher

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Ozali, I., Fadli, M., & Saribanon, E. (2022). Analisis Perubahan Sistem Refund Tiket Pesawat Terhadap Minat Beli Pelanggan Maskapai Garuda Indonesia. Jurnal Sosial Teknologi, 2(8), 705–710. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i8.395