Pengaruh Bimbingan Orang Tua dalam Belajar PAI di Rumah Hubungannya dengan Prestasi Belajar Anak di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.173Keywords:
Bimbingan Orang Tua, Prestasi Belajar, Belajar Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul di SMP Plus Al-Ihsan dan MTs At-Tarbiyah yakni sebagian orang tua tidak menanamkan nilai-nilai agama pada anaknya yang pada akhirnya memengaruhi nilai mata pelajaran agama di sekolah dan dari itu saya mengambil judul itu ingin membuktikan apakah faktor bimbingan orang tua di rumah sangat berpengaruh dengan prestasi anak di sekolah atau ada faktor lain yang memengaruhi prestasi anak di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bimbingan orang tua dalam belajar PAI di rumah, prestasi belajar PAI dan hubungan bimbingan orang tua dalam belajar PAI di rumah dengan prestasi belajar anak di sekolah. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Adapun analisis di tempuh dengan menggunakan dua pendekatan yaitu secara parsial dan korelasional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa bimbingan orang tua dalam belajar PAI di rumah termasuk kualifikasi rendah dengan skor 2,08 berada pada rentang 1,5–2,5, prestasi belajar siswa termasuk dalam kualifikasi baik dengan skor 76,72 nilai tersebut berada pada rentang 70–79, korelasi keduanya adalah ditunjukkan oleh angka koefisien korelasi sebesar 0,16 angka tersebut berada pada interval 0,00–0,20 berarti termasuk dalam korelasi sangat rendah. Berdasarkan angka tersebut pula diperoleh derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 2% artinya tiap peningkatan variabel X akan berpengaruh terhadap variabel Y sebesar 2% sedangkan 98% lagi dipengaruhi oleh faktor lain selain faktor bimbingan orang tua di rumah.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yudi Prayitno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.