Strategi Kepala Sekolah MTs Thabul Irsyad dalam Menjalin Hubungan Antara Sekolah dengan Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i11.241Keywords:
Manajemen, Strategi Kepala Sekolah, Hubungan MasyarakatAbstract
Latar belakang: Lembaga pendidikan merupakan salah satu sub tansi yang di dalamnya terdapat peran serta masyarakat dalam memajukan suatu keberhasilan pendidikan.
Tujuan penelitian: Untuk mendeskripsikan dan mengetahui strategi kepala sekolah dalam menjalin hubungan sekolah dan masyarakat.
Metode penelitian: Penelitian deskriptif kualitatif yang mana dalam penelitian ini kejadian yang dipilih hanya berkaitan dengan kepemimpinan kepala sekolah di bidang hubungan sekolah dengan masyarkat. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara.
Hasil penelitian: Perencanaan dilakukan untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam melaksanakan sebuah kegiatan, maka dari itu perencanaan adalah modal awal dari kegiatan humas agar bisa lebih terarah dan tercapailah sebuah tujuan yang diinginkan dalam kegiatan humas. Upaya sekolah untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat sehingga masyarakat mau bekerja sama dan berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan.
Kesimpulan: Berdasarkan dari hasil paparan di atas maka dapat disimpulkan hal-hal yang terkait yaitu perencanaan yang dilakukan kepala sekolah di MTs Thalabul Irsyad dapat dikatakan sudah terlaksana dengan baik. Teknik agar dapat melakukan pendekatan dengan masyarakat yaitu teknik pendekatan pertemuan tatap muka kelompok, teknik pendekatan pertemuan tatap muka individu dan teknik publikasi sekolah, dengan adanya beberapa teknik yang sudah dilakukan diharapkan hubungan sekolah dan masyarakat dapat tetap terjalin dan terlaksana dengan baik
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Warahmah Murdinia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.