Strategi Kepala Sekolah MTs Thabul Irsyad dalam Menjalin Hubungan Antara Sekolah dengan Masyarakat

Authors

  • Warahmah Murdinia Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i11.241

Keywords:

Manajemen, Strategi Kepala Sekolah, Hubungan Masyarakat

Abstract

Latar belakang: Lembaga pendidikan merupakan salah satu sub tansi yang di dalamnya terdapat peran serta masyarakat dalam memajukan suatu keberhasilan pendidikan.

Tujuan penelitian: Untuk mendeskripsikan dan mengetahui strategi kepala sekolah dalam menjalin hubungan sekolah dan masyarakat.

Metode penelitian: Penelitian deskriptif kualitatif yang mana dalam penelitian ini kejadian yang dipilih hanya berkaitan dengan kepemimpinan kepala sekolah di bidang hubungan sekolah dengan masyarkat. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara.

Hasil penelitian: Perencanaan dilakukan untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam melaksanakan sebuah kegiatan, maka dari itu perencanaan adalah modal awal dari kegiatan humas agar bisa lebih terarah dan tercapailah sebuah tujuan yang diinginkan dalam kegiatan humas. Upaya sekolah untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat sehingga masyarakat mau bekerja sama dan berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan.

Kesimpulan: Berdasarkan dari hasil paparan di atas maka dapat disimpulkan hal-hal yang terkait yaitu perencanaan yang dilakukan kepala sekolah di MTs Thalabul Irsyad dapat dikatakan sudah terlaksana dengan baik. Teknik agar dapat melakukan pendekatan dengan masyarakat yaitu teknik pendekatan pertemuan tatap muka kelompok, teknik pendekatan pertemuan tatap muka individu dan teknik publikasi sekolah, dengan adanya beberapa teknik yang sudah dilakukan diharapkan hubungan sekolah dan masyarakat dapat tetap terjalin dan terlaksana dengan baik

Downloads

Published

2021-11-15

How to Cite

Murdinia, W. . (2021). Strategi Kepala Sekolah MTs Thabul Irsyad dalam Menjalin Hubungan Antara Sekolah dengan Masyarakat. Jurnal Sosial Teknologi, 1(11), 1.364 – 1370. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i11.241