Manajemen Pendidikan Akhlak Siswa SD Negeri Cingcin 02 Soreang

Authors

  • Ahmad Sukandar Universitas Islam Nusantara
  • Ahmad Tafsir Universitas Islam Nusantara
  • Mohamad Adam Rusmana Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i8.400

Keywords:

Manajemen, Pendidikan Moral, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengelolaan pendidikan akhlak siswa di SD Negeri Cingcin 02 Soreang Kabupaten Bandung, 2) faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pengelolaan pendidikan akhlak siswa di SD Negeri Cingcin 02 Soreang Kabupaten Bandung, walaupun itu adalah sekolah umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Cingcin 02 Soreang Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2020-2021. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pengelolaan pendidikan akhlak siswa di SD Negeri Cingcin 02 Soreang Kabupaten Bandung: a) dilaksanakan melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan pembiasaan. Pelaksanaan manajemen berjalan secara terstruktur, terpadu dan normatif berdasarkan nilai-nilai Islam dan keteladanan. b) Kepala sekolah di SD Negeri Cingcin 02 Soreang Kabupaten Bandung telah melaksanakan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, motivasi, pengendalian dan evaluasi. 2) Faktor keberhasilan pendidikan akhlak siswa di SD Negeri Cingcin 02 Soreang Kabupaten Bandung tidak terlepas dari kreativitas kepala sekolah dalam mengelola pendidikan akhlak siswa di sekolah. Meskipun merupakan sekolah umum dan jumlah pelajaran Pendidikan Agama Islam hanya dua jam per hari Minggu, pendidikan akhlak siswa di SD Negeri Cingcin 02 Soreang Kabupaten Bandung dapat dikatakan berhasil karena strategi yang digunakan efektif.

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Sukandar, A., Tafsir, A., & Rusmana, M. A. (2022). Manajemen Pendidikan Akhlak Siswa SD Negeri Cingcin 02 Soreang. Jurnal Sosial Teknologi, 2(8), 691–699. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i8.400