Manajemen Pendidikan Akhlak Siswa SD Negeri Cingcin 02 Soreang
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i8.400Keywords:
Manajemen, Pendidikan Moral, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengelolaan pendidikan akhlak siswa di SD Negeri Cingcin 02 Soreang Kabupaten Bandung, 2) faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pengelolaan pendidikan akhlak siswa di SD Negeri Cingcin 02 Soreang Kabupaten Bandung, walaupun itu adalah sekolah umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Cingcin 02 Soreang Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2020-2021. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pengelolaan pendidikan akhlak siswa di SD Negeri Cingcin 02 Soreang Kabupaten Bandung: a) dilaksanakan melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan pembiasaan. Pelaksanaan manajemen berjalan secara terstruktur, terpadu dan normatif berdasarkan nilai-nilai Islam dan keteladanan. b) Kepala sekolah di SD Negeri Cingcin 02 Soreang Kabupaten Bandung telah melaksanakan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, motivasi, pengendalian dan evaluasi. 2) Faktor keberhasilan pendidikan akhlak siswa di SD Negeri Cingcin 02 Soreang Kabupaten Bandung tidak terlepas dari kreativitas kepala sekolah dalam mengelola pendidikan akhlak siswa di sekolah. Meskipun merupakan sekolah umum dan jumlah pelajaran Pendidikan Agama Islam hanya dua jam per hari Minggu, pendidikan akhlak siswa di SD Negeri Cingcin 02 Soreang Kabupaten Bandung dapat dikatakan berhasil karena strategi yang digunakan efektif.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ahmad Sukandar, Ahmad Tafsir, Mohamad Adam Rusmana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.