Analisis Hasil Belajar Matematika dan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas IV di SD Klakahkasihan 02

Authors

  • Eka Jumailatun Niswah Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i6.119

Keywords:

Berhitung, Hasil Belajar, Kemandirian Belajar

Abstract

Istilah pendidikan atau  paedagogic berarti  bimbingan  atau  pertolongan yang diberikan secara sengaja oleh orang dewasa agar menjadi  dewasa. Penelitian ini bertujuan  menganalisis hasil belajar matematika siswa kelas 4 di SD Klakahkasihan 02 dan menganalisis kemandirian belajar  siswa kelas 4 di SD Klakahkasihan 02. Penelitian ini membahas tentang hasil belajar siswa dan kemandirian belajar siswa sekolah dasar yang dilakukan melalui pembelajaran daring. Hasil belajar dan kemandirian siswa dapat digunakan agar lebih mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar siswa dan kemandirian siswa SD Klakahkasihan 02. Penelitian ini akan menggunakan jenis kualitatif  dengan menyajikan data secara deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas 4. Adapun objek penelitian ini adalah analisa hasil belajar matematika dan kemandirian belajar pada siswa kelas 4 di SD Klakahkasihan 02. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif (qualitative research). Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan wawancara, tes dan observasi. Analisis data penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 4 SD Klakahkasihan 02 memiliki keterampilan berhitung matematika yaitu memiliki keterampilan pemahaman, penafsiran, penyajian, penalaran dan pemecahan permasalahan. Siswa juga memiliki kemandirian belajar yaitu mencari sumber belajar sendiri, tidak bergantung pada orang lain dan bertanggung jawab.

Downloads

Published

2021-06-15

How to Cite

Niswah, E. J. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika dan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas IV di SD Klakahkasihan 02. Jurnal Sosial Teknologi, 1(6), 508–521. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i6.119