Analisis Hasil Belajar Matematika dan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas IV di SD Klakahkasihan 02
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i6.119Keywords:
Berhitung, Hasil Belajar, Kemandirian BelajarAbstract
Istilah pendidikan atau paedagogic berarti bimbingan atau pertolongan yang diberikan secara sengaja oleh orang dewasa agar menjadi dewasa. Penelitian ini bertujuan menganalisis hasil belajar matematika siswa kelas 4 di SD Klakahkasihan 02 dan menganalisis kemandirian belajar siswa kelas 4 di SD Klakahkasihan 02. Penelitian ini membahas tentang hasil belajar siswa dan kemandirian belajar siswa sekolah dasar yang dilakukan melalui pembelajaran daring. Hasil belajar dan kemandirian siswa dapat digunakan agar lebih mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar siswa dan kemandirian siswa SD Klakahkasihan 02. Penelitian ini akan menggunakan jenis kualitatif dengan menyajikan data secara deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas 4. Adapun objek penelitian ini adalah analisa hasil belajar matematika dan kemandirian belajar pada siswa kelas 4 di SD Klakahkasihan 02. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif (qualitative research). Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan wawancara, tes dan observasi. Analisis data penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 4 SD Klakahkasihan 02 memiliki keterampilan berhitung matematika yaitu memiliki keterampilan pemahaman, penafsiran, penyajian, penalaran dan pemecahan permasalahan. Siswa juga memiliki kemandirian belajar yaitu mencari sumber belajar sendiri, tidak bergantung pada orang lain dan bertanggung jawab.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Eka Jumailatun Niswah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.