Implementasi Hadis dalam Membentuk Karakter Siswa di SDIT Madani Parung Panjang Pada Pembelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i4.321Keywords:
Pendidikan karakter, Budaya Sekolah, Disiplin dan Tanggung JawabAbstract
Pendidikan karakter adalah proses transfer keilmuan yang dimaksudkan untuk membangun peserta didik menjadi pribadi yang mandiri, bertanggung jawab dan percaya diri dalam kehidupannya sehari-hari. Pendidikan dan pembinaan karakter peserta didik seyogyanya menjadi yang utama, karena pribadi peserta didik akan menjadi wajah dari Lembaga pendidikan tersebut, terlepas dari baik atau buruknya kepribadian peserta didiknya. di antara berbagai cara yang relevan untuk meningkatkan karakter peserta didik adalah dengan mempelajari hadis tentang kemandirian, yang mana pelajaran hadis tersebut sudah teruji dapat meningkatkan kemandirian, tanggung jawab dan percaya diri peserta didik yang diperagakan oleh para guru sebagai contoh dan suri teladan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran hadis dalam membangun karakter peserta didik di SDIT Madani Parung Panjang, Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara, pengumpulan data dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pembelajaran hadis dikelas III sangat relevan bagi keseharian peserta didik, 2. Peserta didik cenderung lebih disiplin, 3. Peserta didik mampu membedakan antara sesuatu yang baik dan buruk.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fauziah Fauziah, Elisa, Dewi Indrawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.