Implementasi Hadis dalam Membentuk Karakter Siswa di SDIT Madani Parung Panjang Pada Pembelajaran PAI

Authors

  • Fauziah Fauziah Sekolah Tinggi Agama Islam Fatahillah
  • Elisa Sekolah Tinggi Agama Islam Fatahillah
  • Dewi Indrawati Sekolah Tinggi Agama Islam Fatahillah

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i4.321

Keywords:

Pendidikan karakter, Budaya Sekolah, Disiplin dan Tanggung Jawab

Abstract

Pendidikan karakter adalah proses transfer keilmuan yang dimaksudkan untuk membangun peserta didik menjadi pribadi yang mandiri, bertanggung jawab dan percaya diri dalam kehidupannya sehari-hari. Pendidikan dan pembinaan karakter peserta didik seyogyanya menjadi yang utama, karena pribadi peserta didik akan menjadi wajah dari Lembaga pendidikan tersebut, terlepas dari baik atau buruknya kepribadian peserta didiknya.  di antara berbagai cara yang relevan untuk meningkatkan karakter peserta didik adalah dengan mempelajari hadis tentang kemandirian, yang mana pelajaran hadis tersebut sudah teruji dapat meningkatkan kemandirian, tanggung jawab dan percaya diri peserta didik yang diperagakan oleh para guru sebagai contoh dan suri teladan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran hadis dalam membangun karakter peserta didik di SDIT Madani Parung Panjang, Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara, pengumpulan data dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pembelajaran hadis dikelas III sangat relevan bagi keseharian peserta didik, 2. Peserta didik cenderung lebih disiplin, 3. Peserta didik mampu membedakan antara sesuatu yang baik dan buruk.

Downloads

Published

2022-04-15

How to Cite

Fauziah, F., Elisa, E., & Indrawati, D. . (2022). Implementasi Hadis dalam Membentuk Karakter Siswa di SDIT Madani Parung Panjang Pada Pembelajaran PAI. Jurnal Sosial Teknologi, 2(4), 306–312. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i4.321