Hubungan Sikap Guru Dalam Mengajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i8.393Keywords:
Sikap Guru, Belajar, Motivasi, PrestasiAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengalaman ketika peneliti mengajar di MI Thariqul Jannah Pangalengan. didalam dunia pendidikan guru memegang peranan penting, karena guru salah satu yang terlibat langsung dalam pembentukan dan pengembangan intelektual dan kepribadian siswa. Oleh karena itu, guru sering dijadikan tokoh teladan bahkan dijadikan tokoh identitas diri. Dengan demikian guru harus memiliki perilaku, keterampilan dan kemampuan yang mendasar untuk melaksanakan tugasnya dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: realitas sikap guru dalam mengajar, realitas motivasi belajar siswa, realitas prestasi belajar siswa, signifikansi hubungan sikap guru dalam mengajar dengan prestasi belajar siswa, signifikansi hubungan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa, signifikansi hubungan sikap guru dalam mengajar dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatoris (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan rumus product moment. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang ditujukan kepada peserta didik. Adapun populasinya adalah peserta didik MI Thariqul Jannah Pangalengan kelas V dan kelasVI yang diambil sampelnya sebanyak 43 orang. Hubungan sikap guru dalam mengajar dan motivasi belajar siswa secara simultan (bersama- sama) dengan prestasi belajar siswa kelas V dan kelas VI MI Thariqul Jannah Pangalengan mendapatkan hasil hipotesis satu (H1) diterima yaitu: Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersamaan dari sikap guru dalam mengajar dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas V dan kelas VI MI Thariqul Jannah nilai koefisien korelasi 0,412 atau 41,2% , artinya terdapat hubungan yang sedang antara sikap guru dalam mengajar dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sunandar Sunandar, Rahmat Syafe, Ahmad Sukandar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.