Hubungan Sikap Guru Dalam Mengajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq

Authors

  • Sunandar Sunandar Nusantara Islamic University, Bandung, Indonesia
  • Rahmat Syafe Nusantara Islamic University, Bandung, Indonesia
  • Ahmad Sukandar Nusantara Islamic University, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i8.393

Keywords:

Sikap Guru, Belajar, Motivasi, Prestasi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengalaman ketika peneliti mengajar di MI Thariqul Jannah Pangalengan. didalam dunia pendidikan guru memegang peranan penting, karena guru salah satu yang terlibat langsung dalam pembentukan dan pengembangan intelektual dan kepribadian siswa. Oleh karena itu, guru sering dijadikan tokoh teladan bahkan dijadikan tokoh identitas diri. Dengan demikian guru harus memiliki perilaku, keterampilan dan kemampuan yang mendasar untuk melaksanakan tugasnya dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: realitas sikap guru dalam mengajar, realitas motivasi belajar siswa, realitas prestasi belajar siswa, signifikansi hubungan sikap guru dalam mengajar dengan prestasi belajar siswa, signifikansi hubungan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa, signifikansi hubungan sikap guru dalam mengajar dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatoris (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan rumus product moment. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang ditujukan kepada peserta didik. Adapun populasinya adalah peserta didik MI Thariqul Jannah Pangalengan kelas V dan kelasVI yang diambil sampelnya sebanyak 43 orang. Hubungan sikap guru dalam mengajar dan motivasi belajar siswa secara simultan (bersama- sama) dengan prestasi belajar siswa kelas V dan kelas VI MI Thariqul Jannah Pangalengan mendapatkan hasil hipotesis satu (H1) diterima yaitu: Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersamaan dari sikap guru dalam mengajar dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas V dan kelas VI MI Thariqul Jannah nilai koefisien korelasi 0,412 atau 41,2% , artinya terdapat hubungan yang sedang antara sikap guru dalam mengajar dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa.

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Sunandar, S., Syafe, R., & Sukandar, A. (2022). Hubungan Sikap Guru Dalam Mengajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq. Jurnal Sosial Teknologi, 2(8), 683–690. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i8.393